BEGINILAH TATACARA BERSIN YANG BENAR !!

BEGINILAH TATACARA BERSIN YANG BENAR !!

Baca Juga

BEGINILAH TATACARA BERSIN YANG BENAR !!

Islam adalah agama yang diturunkan untuk membimbing umat manusia. Mulai dari hal-hal besar seperti beribadah sudah ada adab atau tatacaranya. Hal-hal kecil seperti bersin pun ada adab atau tatacaranya tersendiri.
Indah bukan? sampai hal-hal terkecil pun benar-benar diperhatikan. Selain karena memiliki manfaat, bila kita mengikuti adab yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. kita pun bisa mendapat pahala. Karena ini termasuk kedalam sunnahnya dan ini termasuk ibadah.

Adab Bersin Dalam Islam  

1. Mengucap Alhamdulillah

Tidak sedikit diantara kita yang jarang mengucapkan "Alhamdulillah" setelah bersin, mungkin karena lupa tau tidak tahu keutamaannya. Padahal bersin ini merupakan salah satu nikmat dari Allah swt. Jadi seharusnya kita bersyukur dengan mengucap "Alhamdulillah". Bukan itu saja bersin pun merupakan sebuah cara dari tubuh untuk mengeluarkan kuman-kuman yang terdapat dalam tubuh kita.

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rosulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya Allah menyukai bersin." (HR.Bukhari)

Dari hadits diatas kita tahu kalau bersin itu merupakan hal yang disukai Allah dan pastinya ini sangat bermanfaat bagi kita. Selain mengeluarkan kuman dan menyehatkan badan, bersin juga mampu menghilangkan keinginan untuk selalu mengenyangkan perut. Dan mampu menambah semangat dalam beribadah.

Sekarang sudah tahu kan keutamaannya? Jadi jangan lupa ya untuk mengucap "Alhamdulillah" setelah bersin.

Bagi yang mendengar seseorang bersin dan mengucap "Alhamdulillah" hukumnya wajib untuk membalas do'anya. Kita harus mengucap "yarhamukallah" (semoga Allah merahmatimu) bila mendengar orang lain bersin dan mengucap "Alhamdulillah". 

Setelah mendengar seseorang mengucap "yarhamukallah" lalu seorang yang bersin tadi harus membalas do'anya dengan mengucap "Yahdikumullah wa yushlih baalakum" (mudah-mudahan Allah memberikan hidayah kepada kalian dan memperbaiki keadaan kalian). Ini adalah do'a-do'a yang umumnya diucapkan oleh orang-orang dan penulis pun mengamalkan yang ini.

2. Merendahkan Suara

Kita sendiri selalu kaget ketika mendengar seseorang yang bersin dengan suara yang begitu keras. Selain kaget itu pun dapat mengganggu dan cukup membahayakan bagi mereka(pendengar) yang kagetan. Jadi memang baik untuk merendahkan suara ketika bersin. 

3. Menutup Mulut dan Wajah 

Ketika bersin hendaknya kita menutup mulut dan wajah kita. Seperti yang kita tahu sebelumnya kalau bersin itu mengeluarkan kuman-kuman yang ada dalam tubuh. Dengan menutup mulut dan wajah kita berarti kita mencegah penyebaran kumanitu ke orang lain. Dan ini merupakan tindakan yang baik.

4. Tidak Memalingkan Leher

Sekarang sudah tahu kan adabnya? Mari kita amalkan karena ini bisa berdampak positif ke kehidupan kita.

Fakta Bersin

Bersin Membantu Tubuh Tetap Sehat

"Bersin merupakan salah satu bagian penting dalam proses imun, bersin mampu membantu menjaga kesehatan tubuh kita dan bebas dari pilek" kata Kao,MD (spesialis asma dan alergi di Allergic Disease and Asthma Center in Greenville,S.C.)

Kecepatan Bersin

Menurut Patti Wood (penulis dari Success Signals : Understanding Body Language), Kecepatan bersin mencapai 100 mil per jam. Dia juga menambahkan, Sekali kita bersin mengirim sekitar 100.000 kuman ke udara.

Mencabut Alis Mungkin Mampu Membuat Anda Bersin

Di alis kita terdapat saraf yang menuju ke hidung, dengan mencabut alis kemungkin besar akan menyebabkan bersin.

Bersin Tidak Terjadi Ketika Tidur

Ketika Anda tidur, saraf bersin pun tidak aktif. Itulah kenapa jarang terjadi bersin ketika Anda tidur.

Latihan atau Olahraga Berpotensi Menyebabkan Bersin

"Latihan atau olahraga dapat membuat Anda bersin," Kao berkata "Anda akan mengalami hiperventilasi (keadaan nafas yang berlebihan), dan sebagai akibatnya hidung dan mulut mulai mengering. Hidung Anda akan bereaksi dengan mulai menetes dan membuat Anda bersin."
  
Sinar Matahari Mampu Membuat Bersin

"Sinar matahari mampu membuat satu dari tiga orang mengalami bersin," kata Wood. Reaksi ketika seseorang bersin karena cahaya matahari ini disebut photic. 

Sekian informasi mengenai adab dan fakta bersin, sebelum mengakhiri tulisan ini berikut ada beberapa tips tambahan :

Tips  dan Informasi  Tambahan

1. Jangan Tahan Bersin

Seperti yang kita tahu kecepatan bersin mencapai 100 mil per jam, dengan menahan bersin yang berkecepatan seperti itu, itu akan membuat tubuh tidak nyaman dan pastinya dapat membahayakan.

2. Bersin Dua atau Tiga kali itu Normal

Bersin dua atau tiga kali masih termasuk normal, namun bila melebihi itu, Anda harus berhati-hati mungkin saja Anda akan terserang penyakit flu.

3. Lakukan dengan Mulut Terbuka dan Mata Tertutup

Dengan melakukan hal diatas, maka Anda membantu tubuh untuk memberikan tekanan pada hidung, sehingga udara mampu keluar dengan baik. Bila Anda melakukan bersin dengan mulut tertutup yang terjadi adalah Anda bisa merasakan sakit dan rasa tidak nyaman pada langit-langit mulut atau tenggorokan. 

4. Bersihkan Tangan

Ketika bersin kita disarankan untuk menutup mulut baik dengan tangan ataupun tisu. Selalu bersihkan tangan Anda setelah menutup mulut atau wajah dari bersin. Ini bertujuan untuk menghilangkan kuman yang menempel pada tangan Anda.

Semoga Informasi kali ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Sumber : http://www.artikelkesehatan70.com/2016/05/adab-fakta-bersin.html#more

Related Posts

BEGINILAH TATACARA BERSIN YANG BENAR !!
4/ 5
Oleh