Lima Wanita Terkemuka Dalam Agama Islam

Lima Wanita Terkemuka Dalam Agama Islam

Baca Juga

Apakah wanita mempunyai peranan penting dalam agama Islam? Sering terasa agama Islam untuk kaum pria saja. Dengan mempertimbangkan lima wanita terkemuka pada masa awal agama Islam, kita akan lebih menghargai kaum wanita.   

Lima Wanita Terkemuka Dalam Agama Islam


(5) Ibu Muhammad – Siti Aminah binti Wahab

Siti Aminah adalah ibu dari Muhammad. Siti Aminah lahir di Mekkah. Ayahnya pemimpin salah satu suku Arab. Siti Aminah disebut juga “Bunga Quraisy.” Dia menikah dengan Sayyid Abdullah bin Abdul Muthalib. Tiga bulan sebelum Muhammad lahir, suaminya, Abdullah, meninggal dunia.

Suatu hari, Siti Aminah menggendong Muhammad dan berziarah ke pusara suaminya. Sekembalinya dari ziarah, ia jatuh sakit dan meninggal dunia.

(4) Siti Khadijah - Isteri Pertama Muhammad

Siti Khadijah adalah janda yang memiliki status tinggi di kalangan suku Arab untuk Mekkah. Ia seorang pedagang yang mengirim barang dagangannya ke berbagai pelosok tanah Arab.

Muhammad bekerja untuk Siti Khadijah. Ketika ia berusia 25 tahun dan Siti Khadijah 40 tahun, mereka nikah. Siti Khadijah melahirkan enam anak untuk Muhammad, salah satunya Fatimah. Siti Khadijah adalah orang yang mendorong Muhammad untuk mulai menjalankan kenabian-nya. Siti Khadijah meninggal tahun 620M. Sebagian orang Islam memberi dia julukan, “Ibu Orang Percaya.”

(3) Siti Fatimah – Putri Kesayangan Muhammad

Putri bungsu Muhammad adalah Siti Fatimah Az-Zahra. Siti Fatimah merupakan putri nabi yang terkenal di dunia Islam. Ia menghabiskan masa kanak-kanaknya di Mekkah. Sedangkan masa remaja dan dewasanya, di Madinah.

Siti Fatimah menikah dengan Ali bin Abu Thalib. Mereka mempunyai lima anak. Tiga putra (Hasan, Husein dan Muhassin) dan dua putri (Ummi dan Zainab). Muhammad begitu mencintainya sehingga melarang suaminya mengambil isteri kedua. Siti Fatimah meninggal tahun 632M.

(2) Siti Aisha – Isteri Kesayangan Muhammad

Muhammad menikahi Siti Aisha di atas kertas kala ia berusia enam tahun. Mereka menikah layaknya suami-isteri saat Siti Aisha berusia sembilan tahun. Walau isteri ketiga, ia menjadi isteri kesayangan Muhammad.

Orang Islam sering juga menyebut Siti Aisha, “Ibu orang-orang Mukmin.” Ia mendapat panggilan ini walau belum melahirkan keturunan bagi Muhammad. 

maria(1) Siti Maryam – Wanita Terpenting di Al-Quran

Siti Maryam satu-satunya wanita yang mempunyai Surah dalam Al-Quran (Surah 19) dengan namanya sebagai judul.

Tertulis, “. . . “Allah telah memilih kamu [Maryam] . . . melebihkan kamu atas segala wanita di dunia . . .” (Qs 3:42 – Muhammad Sawar translation). Malaikat Allah berkata, “Wasalam, hai engkau, yang telah beroleh anugerah dari Allah. Tuhan besertamu” (Injil, Rasul Lukas 1:28 - KIS).

Kita perlu mengingat, Siti Maryam hidup ratusan tahun sebelum Muhammad lahir. Muhammad tidak pernah mengenalnya. Namun ia mengutamakan Siti Maryam sebagai wanita terkemuka di dunia. Mengapa?

Otomatis kita akan berpikir, karena Siti Maryam melahirkan Isa Al-Masih. Ini menjadikan Siti Maryam wanita utama di Alkitab, bahkan di dunia. Anak-nya, Isa Al-Masih juga disebut yang “terkemuka di dunia dan di akhirat” (Qs 3:45). Jadi dalam agama Islampun Siti Maryam melebihi empat wanita yang disebut di atas malahan semua wanita di dunia!

Kesimpulan 

Dengan tahu status Siti Maryam, bukankah pantas para umat Islam dan Kristen mempelajari lebih mendalam siapakah anaknya, Isa Al-Masih? Penjelasan lengkap tentang pribadi-Nya terdapat dalam Injil. Di sana seseorang dapat belajar tentang hidup-Nya dan keselamatan yang Ia sediakan.

Sumber : https://www.isaislamdankaumwanita.com/karakter-wanita/lima-wanita-terkemuka-dalam-agama-islam?gclid=Cj0KEQjw2fLGBRDopP-vg7PLgvsBEiQAUOnIXGxDteztuO1D5Kd_tuXUl4iXsru6yJw1fpxvyysL0PcaAuIQ8P8HAQ

Related Posts

Lima Wanita Terkemuka Dalam Agama Islam
4/ 5
Oleh