7 Tips Menjaga Kesehatan untuk Para Mahasiswa

7 Tips Menjaga Kesehatan untuk Para Mahasiswa

Baca Juga


Banyaknya aktivitas yang harus dijalankan oleh mahasiswa sering kali membuat mereka sulit menemukan waktu untuk berolahraga. Padatnya aktivitas juga sering kali membuat mereka tidur larut malam dan tidak memperdulikan apa yang mereka makan. Sehingga dengan gaya hidup yang kurang sehat, mahasiswa sering kali mengalami sakit maag, tipes, dan sebagainya.

Padahal, dengan banyaknya aktivitas yang perlu dijalani, mahasiswa diharapkan selalu berada dalam keadaan sehat.

Berikut adalah beberapa tips sehat bagi mahasiswa yang perlu Anda ketahui:
1. Sarapan

Jadwal kuliah yang pagi, terkadang membuat mahasiswa sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.

Sarapan dibutuhkan karena secara alamiah, ketika Anda bangun dari tidur, gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja optimal biasanya dalam keadaan rendah. Oleh karena itu, sarapan dapat membantu tubuh Anda meningkatkan kadar gula darah tersebut. Selain itu, ketika Anda tidak sarapan, Anda akan cenderung makan lebih banyak pada siang harinya.

Sarapan juga dapat membantu Anda membakar kalori, memberikan energi yang Anda butuhkan, sehingga membuat Anda lebih fokus di tempat kuliah. Bahkan, beberapa studi juga telah menemukan adanya hubungan antara sarapan dengan kesehatan yang optimal.
2. Perhatikan apa yang Anda makan

Makanan sehat memang tidak terlalu menarik perhatian. Dan sebaliknya, makanan cepat saji justru sangat menarik perhatian. Padahal, makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan Anda.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan, Anda perlu memperhatikan apa yang Anda makan. Hindari makanan yang tinggi kalori, lemak jenuh, dan kurangi jumlah gula dan garam dalam setiap makanan yang Anda makan. Tak lupa perbanyaklah makanan sayur-sayuran dan buah-buahan.
3. Minum air yang cukup

Konsumsi air yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga pola makan Anda agar tidak berlebihan. Oleh karena itu, untuk menjaga asupan air, Anda dapat membawa minuman di dalam botol saat Anda beraktivitas.
4. Hindari stres

Sering kali mahasiswa dilanda stres karena banyaknya deadline tugas. Akibatnya, mahasiswa cenderung akan mudah sakit. Oleh karena itu, untuk menghindari stres tersebut, Anda harus dapat mengelola stres. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidur yang cukup (7-8 jam sehari), menghindari obat-obatan dan alkohol, menjalin hubungan pertemanan, dan mencoba menikmati waktu sendiri dengan jalan-jalan, nonton film, dan sebagainya.
5. Jangan merokok

Rokok sering kali dijadikan pelarian saat mahasiswa mengalami stres. Padahal, apapun alasannya, rokok tidak baik untuk kesehatan. Beberapa studi telah menemukan bahwa merokok merugikan seluruh organ tubuh Anda, menyebabkan banyak penyakit, dan juga dapat merugikan orang-orang yang di sekitar Anda saat Anda merokok.

Oleh karena itu, hindarilah merokok. Atau, jika Anda terlanjur merokok, berhentilah. Karena berhenti merokok tentu akan memiliki banyak manfaat jangka panjang untuk tubuh Anda.
6. Perbanyak olahraga

Sesibuk apapun Anda, sediakanlah waktu sedikit untuk berolahraga. Olahraga dapat membantu Anda mengurangi stres, meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, dan meningkatkan suasana hati Anda. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan membuat Anda bugar. Meskipun sulit, Anda tetap harus memulainya meskipun dengan bentuk olahraga yang sederhana seperti jalan kaki atau jogging.
7. Tidur yang cukup

Kurang tidur adalah hal umum yang sering kali terjadi di kalangan mahasiswa. Sepadat apapun aktivitas Anda, Anda perlu mengatur waktu tidur Anda agar tetap sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidur cukup ternyata dapat menjaga tingkat energi Anda, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, berpikir jernih, dan meningkatkan suasana hati Anda.

Selain itu, segala aktivitas yang berlangsung hingga larut malam juga dapat mengganggu kualitas dan pola tidur Anda yang dapat meningkatkan produksi hormon stres. Oleh karena itu, cobalah untuk menentukan waktu tidur yang konsisten serta menjaga gaya hidup yang sehat seperti hindari kafein, nikotin, ataupun alkohol yang dapat mengganggu tidur Anda.


Sumber : https://hellosehat.com/tips-sehat-untuk-mahasiswa/

Related Posts

7 Tips Menjaga Kesehatan untuk Para Mahasiswa
4/ 5
Oleh