Waduh, Cara Masak Ini Ternyata Salah dan Merusak Kesehatan

Waduh, Cara Masak Ini Ternyata Salah dan Merusak Kesehatan

Baca Juga

Memasak kini tak lagi identik dengan wanita dan ibu-ibu, sebab semua kalangan dan usia gemar melakukannya. Ini semua berkat banyaknya tayangan dan tutorial memasak yang ada di televisi maupun jejaring sosial. Siapapun yang mengolah makanan, yang pasti tujuannya sama, yakni memberikan hidangan yang akan dikonsumsi oleh diri sendiri maupun keluarga agar tubuh memperoleh manfaat dan lebih sehat.


Akan tetapi kadang secara tidak disadari, cara memasak atau mengolah makanan yang selama ini dilakukan ternyata salah dan dapat mengancam kesehatan tubuh sendiri. Bagaimana cara memasak yang salah tersebut, berikut informasinya:

Minyak berasap

Saat hendak menumis atau menggoreng, kadang api yang dinyalakan terlalu besar sampai minyak goreng yang ada di penggorengan berasap. Padahal menurut studi dari Eden Tareke, ilmuwan dari Universitas Stockholm, Swedia, suhu minyak goreng yang terlalu tinggi dapat menyebabkan munculnya akrilamida pemicu tumor. Tak hanya itu akrilamida juga dapat merusak DNA, syaraf serta memicu gangguan kehamilan.

Mencuci daging

Daging yang hendak dimasak idealnya langsung direbus hingga mendidih agar bakterinya mati. Jika dicuci dahulu maka bakteri di air akan mencemari daging dan menimbulkan sakit perut.

Wajan anti lengket

Memakai wajan anti lengket atau wajan teflon memang praktis, akan tetapi menurut studi yang dipublikasi oleh jurnal Environmental Health Perspectives, bahan kimia yang dikandung yakni senyawa perfluorinated seperti perfluorooctanoic acid (PFOA) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS) dapat mengganggu kesehatan hormon manusia.

Sumber : http://sidomi.com

Related Posts

Waduh, Cara Masak Ini Ternyata Salah dan Merusak Kesehatan
4/ 5
Oleh