BERAPA LAMA TIDUR SIANG YANG SEHAT?

BERAPA LAMA TIDUR SIANG YANG SEHAT?

Baca Juga

BERAPA LAMA TIDUR SIANG YANG SEHAT?

Mungkin sebagian dari kita menyangsikan ketika mendengar tentang tidur siang, pasalnya tidak sedikit masyarakat yang menganggap tidur siang ini merupakan bentuk lain dari kemalasan. Semoga kita tidak termasuk orang yang beranggapan seperti itu ya. Kalau memang diantara para pembaca ada yang masih berpikiran seperti itu, yuk lanjutkan bacanya untuk mengetahui lebih lanjut tentang tidur siang ini.

Tidur siang itu sama pentingnya dengan tidur malam. Rasulullah SAW bahkan selalu menerapkan kebiasaan ini di jamannya. Tidur siang ini merupakan sunnahnya. Kita tahu sendiri apapun yang di sunnahkan selain mendapat pahala juga ada kebaikan di dalamnya. Oke.. Sebelum lanjut ke manfaat tidur siang, alangkah lebih baiknya kalau kita mengetahui keutamaannya terlebih dahulu.

Tidur Siang Menurut Islam

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, tidur siang ini merupakan salah satu sunnah rasul. Yang berarti ada pahala dan kebaikan bagi yang mengerjakannya.

"Tidur sianglah kalian, sebab setan itu tidak tidur siang."
(Hadist Hasan. Ash-shahihah,no.1647, Shahihul jami', no.4431)

Beberapa negara maju seperti china dan jepang telah menerapkan aturan tentang tidur siang di perusahaannya. Bahkan perusahaan di jepang menyiapkan ranjang khusus untuk relaksasi atau tidur siang yang bertujuan untuk mensukseskan gizi produktifitas.

Setelah mengetahui keutamaan dan sedikit kebaikan dari tidur siang,sekarang mari kita lanjut ke manfaat dari tidur siang.

Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan daya ingat

Menurut Sara C. Mednick, PhD (sleep expert and author of Take a Nap! Change Your Life), tidur siang selama 15-20 menit dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan motor belajar keterampilan seperti bermain piano dan mengetik.

Lalu apa yang terjadi bila kita tidur lebih dari 20 menit? Penelitian menunjukan tidur siang yang lebih panjang dapat meningkatkan daya ingat dan kreativitas. Tidur selama 30-60 menit baik untuk keterampilan pengambilan keputusan seperti mengingat arah dan menghapal kosa kata. Tidur selama 60-90 menit memiliki peran kunci untuk membuat sambungan baru di otak dan membantu pemecahan masalah kreatif.

2. Mengatasi masalah insomnia

Sebuah penelitian di tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang atau qailulah membuat penderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya lebih panjang. Tidur siang juga dapat mengurangi dampak buruk dari bergadang.

3. Menurunkan stress

Penelitian menunjukan tidur siang secara teratur dapat menurunkan stress bahkan mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Penelitian lain di jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam di malam hari sebelum bertugas, kadar hormon stres kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika melakukan tidur siang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya sehingga lebih baik bagi kesehatan.

4. Mencegah penyakit jantung

Tidur siang selama 20-40 menit juga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yunani.

Peneliti menemukan bahwa orang yang tidur siang sekitar 30 menit  selama 3 kali seminggu dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular sebesar 37%. Menurut penelitian ini juga, tidur siang yang sehat adalah tidur siang yang dilakukan pada pukul 1-3 siang selama tidak lebih dari 45 menit, karena jika berlebih dapat menyebabkan kepala berat dan malas bangun.

Waktu Terbaik untuk Tidur Siang

Waktu terbaik melaksanakan tidur siang/qailulah ini setelah dzuhur atau sekitar pukul 12.30 - 15.00 sama seperti penelitian diatas.

Tidur Siang yang Baik

Tidur siang yang baik adalah tidur siang yang dilakukan tidak lebih dari 2 jam. Bukannya baik bagi tubuh, tidur siang lebih dari 2 jam justru dapat mengakibatkan tubuh lelah dan terkadang dapat menyebabkan pusing juga.

30 - 40 menit tidur siang sudah cukup namun tergantung kebutuhan juga. Kenali diri Anda agar bisa mendapat manfaat yang nyata dari tidur siang.

Tips tidur siang yang dikutip dari webmd :

- Pasang alarm selama 30 menit atau kurang jika tidak ingin ketika bangun grogi

- Tidur di ruangan yang gelap atau memakai masker mata. Ini dapat membantu Anda tidur lebih cepat

- Gunakan selimut atau apapun yang dapat menutupi tubuh. Ini bertujuan agar tubuh Anda tetap hangat, karena ketika tidur suhu tubuh akan menurun sementara waktu.

Jika kita melakukan pekerjaan atau aktivitas yang tidak sempat untuk melaksanakan tidur siang, alangkah lebih baiknya beristirahat namun jika ada kesempatan tidur siang/qailulah maka kerjakanlah. Karena manfaatnya pun luar biasa.

Mari budayakan tidur siang!!

Sumber : www.artikelkesehatan70.com/2016/10/berapa-lama-tidur-siang-yang-sehat.html#more

Related Posts

BERAPA LAMA TIDUR SIANG YANG SEHAT?
4/ 5
Oleh