DAHSYATNYA SHOLAT TAHAJUD !!

DAHSYATNYA SHOLAT TAHAJUD !!

Baca Juga

Sholat tahajud adalah salah satu di antara sholat sunnat yang dilakukan di waktu malam, di saat-saat suasana yang sunyi sepi, sehingga kita tenang melaksanakannya dan menambah kekhusu'an. Sholat tahajud adalah sholat yang lebih utama sesudah sholat fardhu, dan diunggulkan pahalanya, serta istimewa.

DAHSYATNYA SHOLAT TAHAJUD !!


Betapa tidak ! Sebab alangkah berat untuk bangun ditengah malam pada waktu sedang nyenyak tidur. Tetapi orang yang beriman sanggup mengorbankan kesenangannya karena mengharapkan ridho Allah swt. Alangkah bahagia dan senangnya kalau setiap malam kita dapat mengikhtiarkan untuk mengamalkan sholat Tahajud. Dan bacalah (pada sholat malam itu) apa yang mudah dibaca, dzikir, membaca Al-Qur'an dan sebagainya.  

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaannya menurut sabda rosulullah saw :
Yang artinya : "Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu ialah sholat tahajud"

Keistimewaan sholat tahajud sesuai dengan sabda Rosulullah SAW :
Yang artinya : " Kamu sekalian harus lazim(dawam) dengan bangun tengah malam, yakni sholat Tahajud. Maka sesungguhnya sholat Tahajud itu pekerjaan orang-orang yang sholeh sebelum kamu sekalian."

- Dan Tahajud itu bisa mendekatkan kamu kepada Allah swt
- Dan kiparat kamu sekalian dari dosa-dosa
- Dan mencegah kamu sekalian dari berbuat dosa-dosa
- Dan mengusir penyakit kamu dari seluruh tubuh
- Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan seorang mukmin itu ialah berdirinya tengah malam melaksanakan sholat tahajud (H.R Jabir bin Ali)

Rosulullah SAW bersabda :

"Wahai sekalian manusia! Kumandangkanlah uluk salam, dan bermurah tanganlah kamu dengan makanan dan bersilaturahmilah kamu sekalian (menemui sanak famili dan handai taulan), dan sholatlah kamu sekalian di tengah alam, yakni sholat tahajud sementara manusia sedang tidur. Masuklah kamu sekalian ke dalam surga dengan selamat."

Tata Cara sholat Tahajud

Waktunya :

Tengah malam sehabis sholat fardhu 'isya sampai fajar. Tetapi yang lebih baik waktu sepertiga malam yang terakhir. (jam 02.00;jam 03.00 WIB)

Banyaknya Raka'at :

Tidak ditentukan berapa raka'at. Menurut kemampuan kita dan tidak terbatas. Namun ada juga yang meriwayatkan dua belas raka'at,enam raka'at dan paling sedikit dua raka'at (satu kali salam).

Niat Sholat Tahajud

Ushalli sunnatal tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aala Allahu Akbar.
"Aku niat sholat sunnat tahajud dua raka'at karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."

Do'a Sholat Tahajud

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaa-waati wal ardhi, wa lakal hamdu antal haqqu wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun wa qauluka haqqun waljannatu haqqun wannaaru haqqun wan nabiyyuuna haqqun wa muhammadun shallallaahu'alaihi wa sallama haqqun was saa'atu haqqun. Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wabika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu, antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha illa anta wa laa ilaaha ghairuka wa laa haula wa la quwwata illaa billahi rabbi adkhilnii mudkhala shidqiw wa akhrijnii mukhraja shidqiwwaj'allii min ladunka sulthaanan nashira.

Yang artinya :

" Ya Allah, bagi-Mu puja dan puji. Engkaulah Penguasa langit dan bumi dan apa apa yang ada di dalam keduanya. Dan bagi-Mu pula puja dan puji pancaran cahaya langit dan bumi.Bagi-Mu lah puja dan puji itu, karena hanya Engkau lah yang Maha Besar, janji-Mu benar dan pertemuan dengan-mu pun benar pula.Firman-Mu benar dan surga-Mu pun benar neraka benar dan para nabi juga benar serta Nabi Muhammad SAW,juga benar dan hari kiamat itu benar.Yaa Allah, kepada-Mu aku berserah diri dan kepada-Mu aku percaya. Kepada-Mu aku bertawakal dan kepada-Mu aku akan kembali serta pada-Mu aku rindu dan kepada-Mu aku berhukum. Ampunilah dosa-dosaku yang telah aku lakukan sebelumnya maupun yang terdahulu atau yang kemudian, yang kusembunyikan dan yang kunyatakan dengan terang-terang. Engkau Tuhan yang terdahulu dan yang kemudian. Tiada tuhan selain Engkau, tak ada daya dan upaya melainkan dengan-Mu yaa Allah, Yaa Tuhanku! Masukkanlah aku melalui tempat masuk yang benar dan keluarkanlah aku melalui tempat keluar yang benar pula. Dan jadikanlah bagiku dari sis-Mu penguasa yang menolong."

Bagaimana luar biasa kan keutamaan sholat tahajud? Selain itu saya pun mau sedikit berbagi sedikit pengalaman saya tentang shoplat tahjud ini.
Mulai dari mana dulu ya? Langsung aja lah.

Efek Sholat Tahajud yang Saya Rasakan

Jadi begini, sebelumnya saya jarang melaksanakan sholat tahjud,bukan tapi mungkin ke arah gak pernah sholat tahajud. hehe.. Pada waktu itu saya biasa mengerjakan hal yang biasa saya lakukan yaitu kerjaan biasa aja dan hidup itu benar-benar hampa. Sampai suatu ketika tiba-tiba saya ingin melaksanakan sholat sunnat dhuha. Saya pun membuka Al-Qur'an yang sudah cukup lama menjadi pajangan di kamar saya. Saya membacanya beberapa lembar.

Semuanya berjalan dengan normal sampai di satu ayat saya tidak bisa mangucap kata-kata. Bibir berat,penuh emosi ketika membacanya. Suara saya hilang seiring sakitnya hati dan tangisan yang hendak keluar. Saya putuskan untuk berhenti. Saya membaca arti dari ayat tersebut. Di sana ketika saya melihat arti dari ayat itu saya menangis sejadi-jadinya. Saya ingat semua dosa-dosa saya. Sakit sekali rasanya, ini seperti jawaban dari kenapa saya merasa hampa menjalani kehidupan ini.

Setelah kejadian itu, saya mulai berusaha memperbaiki diri. Saya yang emosian dan terbilang keras mulai membaik tapi kebiasaan-kebiasaan buruk saya masih mengikuti. Sampai saya mencoba sholat Tahajud selama tujuh hari berturut-turut. Luar biasa hasilnya. Saya melakukan hal yang saya sendiri pun tidak percaya saya akan melakukannya. Mulai dari bersih-bersih halaman depan rumah dan depan rumah tetangga. Pagi-pagi saya menjadi sangat bahagia. Lebih Ikhlas dan cepat aja ketika orang tua suruh bantu.

Semuanya menjadi tampak baik dan tampak indah di mata. Awal yang saya melihat orang dengan penuh kebencian semuanya berubah perlahan. Jadi lebih positif aja.

Perasaannya sulit diungkapkan coba aja sama kalian dan rasakan perubahannya. Mudah-mudahan kalian pun bisa mendapat manfaat. Pasti dapat sih soalnya ini kan sholat sunnat yang dianjurkan. Aneh juga kan kalo gak ada efeknya. hehe

Begitulah sedikit pengalaman yang saya rasakan setelah mencoba melaksanakan tahajud.

Tips Bangun Malam

Ini ada sedikit tips dari pengalaman saya untuk bangun malam

1. Kosongkan perut sebelum tidur

Maksudnya jangan makan sebelum tidur. Kalau mau makan malam, lakukan 2 jam sbelumnya supaya tidak pergi ke kamar dalam keadaan perut kenyang.

2. Pasang alarm

kalau menggunakan alarm, saya selalu set waktunya di jam 01.30. Kemalaman ya ? itu buat antisipasi. Soalnya pas alarm bunyi, biasanya saya pencet dan tidur lagi. Bangun-bangun jam 3 pagi, nah di jam 3 itu saya melaksanakan sholatnya.

3. Bilang pada diri sendiri

Maksudnya bilang ke diri sendiri mau bangun jam sekian. Karena menurut artikel yang pernah saya baca, otak manusia dapat merespon dan menentukan kapan dia ingin bangun. Jadi sebelum tidur kalian boleh coba ngomong ke diri sendiri ingin bangun jam sekian.

4. Minta di bangunkan paksa

Kenapa paksa? kalo gak di paksa yang belum biasa bangun malam bakal tidur lagi ketika di ingatkan untuk bangun malam. makanya bilang ke orang yang mau bangunkan untuk lebih ngotot saat membangunkan. hehe

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagi tentang sholat tahajud adan sedikit pengalaman saya. Semoga kita bisa senantiasa melaksanakan sholat tahajud. terutama saya pribadi. hehe

Ulasan sholat tahajud yang di atas, itu adalah yang selama ini saya coba amalkan. jadi bagi kalian yang mempunyai pengetahuan lebih tentang yang diatas bisa di sampaikan di kolom komentar. Teriam kasih.

Referensi : Kumpulan sholat sunnat lengkap karya HMA. Sodikin Faqih 

Sumber : http://www.artikelkesehatan70.com/2016/04/sholat-tahajud.html

Related Posts

DAHSYATNYA SHOLAT TAHAJUD !!
4/ 5
Oleh