Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Tanpa Garam

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Tanpa Garam

Baca Juga


Garam memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya membuat makanan yang dimasak menjadi lebih gurih dan nikmat ketika disantap. Namun, siapa sangka ternyata garam bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara diet, loh!
Apa benar diet tanpa garam bisa turunkan berat badan?

Pada dasarnya, belum ada penelitian secara spesifik tentang efek mengurangi garam pada berat badan. Pasalnya, kebanyakan penelitian meneliti tentang efek gabungan dari pengurangan sodium dan penurunan berat badan terhadap tekanan darah tinggi. Tapi pada penelitian terdahulu diketahui secara jelas bahwa pengurangan garam dapat menyebabkan penurunan berat badan sementara karena tubuh Anda kelebihan cairan. Hal ini dikarenakan garam adalah molekul yang membuat tubuh Anda menahan air.

Ketika Anda mengonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan hal ini menyebabkan peningkatan jumlah air dalam tubuh Anda sehingga retensi air mengalami kenaikan. Oleh sebabnya ketika Anda mengurangi makan makanan bergaram, maka air yang tertahan tersebut akan keluar yang menyebabkan berat tubuh Anda akan berkurang.
Bagaimana cara melakukan diet tanpa garam?

Tidak dapat dipungkiri jika setiap makanan yang kita makan sehari-hari pasti ada saja kandungan garamnya. Hal tersebut yang membuat banyak orang beranggapan cukup sulit untuk melakukan diet pantang garam. Tapi jangan khawatir! Simak saran-saran berikut ini yang mungkin dapat membantu Anda meminimalkan mengonsumsi garam dalam diet Anda.
1. Hindari makanan olahan

Makanan olahan dalam kaleng, botol, plastik, ataupun wadah lain sangat mungkin mengandung kadar garam atau natrium yang tinggi. Jika Anda memutuskan untuk melakukan diet, Anda dianjurkan sangat menghindari makanan olahan. Anda juga harus lebih jeli membaca bahan yang terkandung pada setiap kemasan produk olahan untuk mengetahui kandungan natrium dalam makanan kemasan yang Anda beli.
2. Konsumsi buah segar dan sayuran

Buah dan sayuran segar tidak mengandung garam. Jika Anda sedang melakukan diet tanpa garam, Anda harus makan buah-buahan segar dan sayuran. Hindari buah yang berada dalam kaleng atau buah dan sayuran beku yang karena mungkin saja sudah ditambahkan garam.
3. Cermati kandungan garam tambahan

Kebanyakan daging segar, ikan, makanan laut, dan unggas tidak mengandung garam tambahan. Namun, dalam beberapa kasus tak jarang penjual menyuntikkan larutan garam pada unggas agar menjadi lebih gemuk.

Ketika Anda membeli daging, jangan lupa untuk selalu mengecek bahan yang terkandung pada makanan tersebut. Tidak hanya daging, makanan lain yang terkandung dalam kemasan pastikan dulu berapa kandungan garam yang terkandung dalam adonannya.
4. Hindari garam saat makan di luar

Jika Anda sedang melakukan diet bebas garam, maka penting bagi Anda untuk meminta pramusaji agar tidak merekomendasikan makanan yang mengandung garam. Kebanyakan koki yang akrab dengan diet bebas garam dapat membuat makanan dari daging dan sayuran segar agar masuk kriteria diet Anda.
Manfaat kesehatan diet tanpa garam

Meskipun melakukan diet tanpa garam mungkin bukan metode terbaik untuk menurunkan berat badan, tapi setidaknya cara ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat penting lainnya.

Berikut beberapa manfaat mengurangi garam bagi kesehatan tubuh:

    Menyeimbangkan cairan tubuh
    Tubuh terhidrasi dengan baik
    Badan menjadi lebih berenergi
    Mengurangi tekanan darah tinggi
    Jauh dari berbagai penyakit
    Menghindari stroke
    Menghilangkan begah atau kembung
    Membuat tulang lebih kuat

Sumber : https://hellosehat.com/diet-tanpa-garam-efektif/

Related Posts

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Tanpa Garam
4/ 5
Oleh